NGGAK BERANI NGOMONG DI DEPAN..... KENAPA?

Desember 25, 2017

Apa yang ada di benak Anda ketika diminta untuk berbicara di depan?

Bukan hal yang baru, bila Anda mendengar bahwa kemampuan berbicara di depan umum, akan mempengaruhi kesuksesan dan performa Anda dalam aktivitas sehari - hari. Memiliki kemampuan menyampaikan pesan dengan baik, apalagi sampai bisa menghibur dan mempengaruhi orang lain, merupakan suatu keterampilan dasar yang perlu dimiliki oleh setiap orang.

Pengalaman saya pertama kali maju di depan umum, dimulai sejak di bangku Sekolah Dasar. Berterima kasih sekali kepada para majelis guru, yang memberikan saya kesempatan - kesempatan, mulai dari berbicara di depan kelas, di depan seluruh siswa, hingga dikirim mengikuti lomba - lomba mewakili sekolah. Ternyata dari situlah mental saya dilatih, untuk berani tampil di depan orang banyak menyampaikan sesuatu. Mulai dari membaca naskah, menghafal naskah, hingga menjelaskan sebuah tema tanpa naskah tanpa persiapan sebelumnya.

Saya sadari, memang hal ini bukanlah sesuatu yang mudah bagi semua orang, karena setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing - masing. Walau bagaimanapun tetap saja, kemampuan komunikasi di depan umum perlu Anda kuasai, dan kabar baiknya kemampuan ini BISA DILATIH.

Ya, BISA DILATIH, apalagi dengan perkembangan zaman yang saat ini sudah memudahkan kita untuk berlatih mandiri. Menggunakan HP yang bisa membantu mengambil video, merekam suara, bahkan uji nyali dengan menguploadnya di berbagai media sosial. 

Tuntutan presentasi zaman sekarangpun beragam, para penonton bukan hanya membutuhkan Public Speaker yang bisa beretorika dengan bagus, namun menuntut seorang Public Speaker yang bisa membawa suasana, menghibur, mengajak dan mempengaruhi. Dan sekali lagi kabar baiknya , semua itu BISA DILATIH.

Selama tahun 2017 ini, Alhamdulillah dimulainya perjalanan saya, dalam melatih Pubic Speaking teman - teman yang bersedia berlatih bersama. Pengalaman ini membuat saya mengetahui beberapa alasan umum, mengapa kebanyakan kita tidak berani bicara di depan umum, seperti:
  • Tidak tahu apa yang mau disampaikan
  • Malu dan tidak percaya diri
  • Suara tidak keluar saat di depan
  • Kaki dan tangan gemetaran
  • Sering lupa padahal sudah mempersipkannya 
  • Dan lain sebagainya.
Hal ini membuat saya mengelompokkanya dalam 3 kategori ketidak beranian:

1. Tidak berani karena MINDSET yang keliru.

Mindset yang keliru itu seperti:
- Kalau saya ngomong, nanti ditertawakan
- Kalau saya ngomomg, nanti salah
- Kalau saya ngomong, nanti dibilang sok pintar
- Dan lain sebagainya

Menanamkan pemikiran tentang kegagalan saat tampil di depan, akan membuat Anda kehilangan percaya diri untuk melakukan itu semua. Sehingga cara mengatasinya yang paling mudah adalah Anda berfikir kebalikanya saja, seperti:

- Kalau saya ngomong, nanti banyak yang tepuk tangan
- Kalau saya ngomong, nanti lancar dan sesuai dengan apa yang saya persiapkan
- Kalau saya ngomong, nanti dibilang suka berbagi ilmu bermanfaat

Ya, Anda tinggal memikirkan yang baik - baiknya saja. 

Wah nanti jadi kepedean atau sombong dong Coach?

Tidak sampai seperti itu juga, karena saya yakin Anda tahu berapa porsi kepercayaan diri yang Anda butuhkan masing - masing.

Dalam acara informal, penonton tidak menuntut Anda tampil sempurna dan spektakuler. Kesalahan - kesalahan kecil yang Anda lakukan masih bisa ditolerir oleh teman - teman Anda. Karena sebenarnya mereka menghargai usaha Anda untuk tampil berbicara di depan, walau disampaikan dengan cara bercanda.

2. Tidak berani karena belum mempunyai PENGETAHUAN tentang Public Speaking.

Di mana ada kemauan di situ ada jalan. Bila Anda ingin pandai berbicara di depan umum padahal Anda belum pernah belajar sama sekali, tidak perlu khawatir lagi. Banyak buku referensi dan artikel online yang siap Anda sedot ilmunya. Luangkan waktu untuk membacanya, sehingga Anda mulai tahu apa yang harus Anda persiapkan dan Anda lakukan bila saatnya tiba nanti.

Memang benar bahwa tidak semua orang berbakat belajar secara otodidak. Tidak semua orang yang bisa paham hanya dengan membaca buku dan atikel - artikel saja, apalagi tentang ilmu praktis seperti ini. Sehingga Anda perlu berinvestasi untuk mengikuti pelatihan - pelatihan Public Speaking yang diadakan di kota Anda. 

Dengan mengikuti pelatihan - pelatihan tersebut, setidaknya Anda akan mendapat bimbingan dari orang yang sudah paham  di bidang tersebut. Dan mendapat kesempatan untuk tampil, berlatih dan dikoreksi oleh para ahlinya. Bila Anda sudah tahu teorinya dan sudah dibimbing saat prakteknya, maka kepercayaan diri Anda menjadi sangat tinggi, untuk mengambil kesempatan berbicara di depan umum nantinya.
3. Tidak berani karena trauma di masa lalu

Apakah Anda pernah mengalami:

  • Ditertawakan saat berbicara di depan kelas dulu saat sekolah. Semua teman bahkan guru tertawa karena Anda salah ngomong di depan kelas, sehingga Anda sangat malu sekali.
  • Anda salah mengucapkan nama orang penting yang ada di suatu acara, atau membaca susanan acara terbalik - balik. Sehingga mendapat teguran dari panitia dan penonton, sehingga Anda merasa bersalah karena merusak suasana acara tersebut.
  • Anda lupa  dengan konsep pidato yang Anda hafal, sedangkan semua mata penonton sedang menatap kepada Anda semuanya. Sehingga Anda merasa menjadi orang yang bodoh sekali saat itu, dan melihat beberapa wajah sinis menatap Anda.
Bila Anda mengalami masalah di atas dan masih dihantui oleh perasaan - perasaan tersebut maka  sebagus apapun buku tentang Public Speaking yang Anda baca maka tidak akan membantu banyak dalam meningkatkan keahlian Anda. Istilahnya mental Anda sudah kena duluan.

Mengatasi hal ini, Anda perlu ditherapy terlebih dahulu. Membebaskan perasaan negatif yang menempel dipikiran Anda. Memaafkan kegagalan yang pernah Anda buat di masa lalu. Melepaskan beban yang selama ini tanpa Anda sadari, Anda bawa kemana - mana. Setelah semua proses itu selesai, maka Anda kan menjadi jauh lebih tenang dan siap memulai pengalaman baru Anda menjadi seorang Public Speaker.

Kegiatan Berbagi Inspirasi dan Pengalaman Menjadi Terasa Santai Saat Yang Membawakan Juga Santai 
Public Speaking bukanlah sesuatu yang menakutkan, namun sesuatu yang membanggakan. Sehingga akan membawa kebahagiaan dan kepuasaan, ketika Anda dapat melakukannya dengan baik. Sangat sayang sekali, bila ilmu pengetahuan yang sudah Anda pelajari selama ini, tidak dapat dibagikan ke orang - orang disekitar Anda, hanya karena Anda merasa tidak bisa untuk berbicara di depan mereka, maka:

BERLATIHLAH.. BERLATIHLAH.. BERLATIHLAH

Semoga Bermanfaat
COAH ADE
FB/IG: @adejamil WA: 0813 6433 3576

You Might Also Like

2 komentar